This website uses cookies so that we can provide you with the best user experience possible. Cookie information is stored in your browser and performs functions such as recognising you when you return to our website and helping our team to understand which sections of the website you find most interesting and useful.
Privacy Overview
3 Tips Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi
Pandemi di Indonesia yang masih berlangsung sejak Maret 2020 hingga saat ini menimbulkan kekhawatiran di beberapa sektor, terutama sektor kesehatan dan perekonomian di Indonesia.
Berbagi usaha dari makro hingga mikro turut merasakan imbasnya. Banyak pelaku bisnis di Indonesia yang mengaku mengalami penurunan pendapatan hingga kerugian yang nilainya tidak sedikit.
Bahkan tidak sedikit dari mereka yang terpaksa harus menutup usaha mereka karena mendapati kerugian yang terus menerus.
Dalam kondisi seperti ini, para pelaku bisnis harus memutar otak untuk memikirkan terobosan apa yang harus mereka lakukan agar bisnis mereka tetap berjalan. Setiap pelaku usaha bisnis harus bisa beradaptasi untuk berjuang menghadapi pandemi Covid-19.
Pada situasi seperti sekarang ini, hal utama yang dipikirkan oleh pebisnis adalah memikirkan bagaimana cara mempertahankan pelanggan dan juga mendongkrak penjualan mereka. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan para pelaku pebisnis untuk bertahan di tengah pandemi :
Inovasi sangat diperlukan karena mengikuti keperluan yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Inovasi haruslah lebih flexibel dan memiliki bobot untuk memenuhi selera masyarakat. Misalnya kebutuhan akan masker, dan alat perlindungan diri lainya.
Kualitas produk biasanya meliputi kondisi fisik, fungsi, dan sifat produk itu sendiri. Kualitas produk menjadi salah satu kunci untuk bersaing antar pelaku bisnis yang memiliki bidang bisnis yang sama. Pelaku bisnis harus memberikan kualitas produk terbaiknya agar konsumen puas dan ingin berlangganan.
Selain produk yang bagus, kita juga harus menyediakan metode pembayaran yang nyaman dan memudahkan pelanggan kita dalam bertransaksi. Menggunakan Payment Gateway seperti Pay2U dapat memberikan kemudahan serta efisien bagi konsumen yang ingin melakukan transaksi. Selain itu, Payment Gateway menjamin keamanan dalam bertransaksi.
Itulah beberapa tips untuk mempertahankan bisnis UMKM di tengah pandemi. Masa krisis ini tidak boleh menjadikan akhir dari perjalanan bisnis kita dan kita harus tetap optimis dalam mengembangkan bisnis kita. Melakukan inovasi, riset pasar, serta menjaga loyalitas konsumen menjadi cara agar bisnis bisa secara cepat beradaptasi dengan situasi baru ini.