This website uses cookies so that we can provide you with the best user experience possible. Cookie information is stored in your browser and performs functions such as recognising you when you return to our website and helping our team to understand which sections of the website you find most interesting and useful.
Privacy Overview
Jenis Penipuan Pembayaran Digital Di Masa Pandemi
Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akan tetapi di sisi lain, pandemi juga telah mengharuskan sebagian besar konsumen untuk memilih pembayaran digital.
Sayangnya dengan peningkatan pesat dalam penggunaan pembayaran digital ini muncul ketakutan akan penipuan pembayaran digital. Penting untuk dicatat bahwa banyak orang sudah skeptis tentang keamanan pembayaran digital di masa lalu. Dan penipuan pembayaran digital bahkan bukan hal baru karena sering melihat penipuan ini di berita.
Dalam laman Digipay, selama masa pandemi memang tak sedikit peretas atau penipuan pembayaran digital ini terjadi. Alasannya Pelanggan yang rentan lebih cenderung menjadi korban penipuan karena mereka dipaksa untuk menggunakan metode pembayaran baru. Selain itu, mereka juga diminta untuk percaya dan mengandalkan pihak ketiga.
Selain itu, alasan lainnya adalah COVID-19 telah menciptakan situasi panik di banyak bagian dunia. Situasi ini menyebabkan tingkat kepercayaan yang lebih rendah dan kecemasan yang lebih tinggi sehingga membuat konsumen lebih rentan terhadap penipuan ini.
Jenis-Jenis Penipuan
Setelah mengetahui alasan mengapa terjadi penipuan terhadap pembayaran digital, tentu Anda perlu mengetahui jenis-jenis. Berikut ini ada beberapa jenis peniupuan yang terjadi pada pembayaran digital.
Serangan Ransomware
Data baru dari Coveware menunjukkan bahwa ada 33% lebih banyak pembayaran ransomware yang dilakukan. Menurut laporan perusahaan, penyerang ransomware diuntungkan oleh volatilitas pasar dan ketergantungan korporasi pada staf jarak jauh.
Trojans Perbankan
Trojan Perbankan telah menargetkan sekitar 35 persen pengguna Kaspersky yang merupakan korporasi. Kaspersky menggambarkan lonjakan ini sebagai tingkat yang biasa yaitu 25%. Kaspersky juga memperingatkan bahwa akun perusahaan Rusia hampir sepertiga dari total akun global yang menjadi target serangan malware perbankan ini. Jerman dan Cina adalah dua negara lain yang mengikuti Rusia.
Penipuan Pinjaman PPP
Sesuai dakwaan yang diajukan baru-baru ini dari Departemen Kehakiman AS, dua orang yang diduga secara curang mengajukan permohonan dana pinjaman Program Perlindungan Paycheck (PPP) senilai $543.881.
Departemen Kehakiman menuduh kedua pemilik bisnis ini menempa dan menggelembungkan angka penggajian mereka untuk mendapatkan dana Program Perlindungan Paycheck (PPP). Selain itu, para analis telah memperingatkan lebih banyak kasus serupa yang mungkin muncul dalam waktu dekat.
Pesanan Massal dan Metode Pembayaran Alternatif
Sesuai Indeks Kepercayaan & Keamanan Digital Sift, nilai atau jumlah pembelian yang curang pada umumnya tiga kali lebih tinggi dari pada pesanan yang sah. Karena pandemi COVID-19, orang-orang terlibat dalam pembelian panik yang biasanya datang dalam bentuk pesanan massal.
Fenomena pembelian panik telah menciptakan iklim pembelian yang tidak biasa yang memfasilitasi penipu untuk mendorong batas lebih jauh untuk membuat pesanan massal yang lebih besar. Tidak hanya penipu melakukan pembelian besar-besaran tetapi juga terus mengubah metode pembayaran mereka dari kartu hadiah ke dompet digital seperti Google Pay, Samsung Pay, Apple Pay, dan PayPal.
Metode pembayaran ini lebih rentan terhadap penipuan karena konsumen telah beralih ke belanja online dan seluler. Pedagang dapat mencegah penipuan ini dengan secara manual meninjau transaksi bernilai tinggi dan menjangkau pembeli secara langsung jika ada kecurigaan atau keraguan.
Penipuan Phishing
Dalam penipuan ini, penipu akan mengirimi Anda tautan pembayaran tidak sah melalui SMS yang terlihat identik dengan URL asli. Jika Anda mengklik tautan itu dengan tergesa-gesa, maka itu akan mengarahkan ke aplikasi pembayaran UPI Anda dan meminta Anda memilih aplikasi untuk didebit otomatis.
Setelahnya, Anda memberi izin untuk mendebit otomatis, jumlahnya akan didebit secara otomatis dari aplikasi UPI. Selain itu, mengklik URL palsu juga dapat menginfeksi ponsel Anda dengan malware/virus yang dibuat untuk mencuri informasi keuangan dari perangkat Anda.
Penipuan Melalui PIN dan OTP UPI
Penipu sekarang menggunakan UPI untuk menipu orang . Dalam hal ini, peretas pertama-tama mengirim tautan “minta uang” kepada pengguna. Saat pengguna mengklik tautan ini untuk mengotorisasi transaksi dengan berpikir bahwa mereka akan menerima uang, jumlah tersebut akan didebit secara otomatis dari akun mereka.
OTP adalah cara lain penipu menipu orang. Penting untuk dipahami bahwa saat melakukan transaksi melalui aplikasi UPI Anda, Anda memerlukan PIN UPI atau kata sandi satu kali (OTP). Untuk OTP, bank Anda mengirimi Anda nomor OTP pada nomor ponsel Anda yang terdaftar melalui SMS. Transaksi hanya terjadi setelah OTP diverifikasi.
Scammers mengetahui hal ini dengan baik dan itulah sebabnya mereka mencoba meyakinkan mangsanya untuk membagikan OTP melalui telepon. Begitu mereka mendapatkan detailnya, mereka dapat dengan mudah mengautentikasi transaksi dan mencuri uang dari akun pengguna.
Sumber : https://male.co.id/detail/9943/jenis-penipuan-pembayaran-digital-di-masa-pandemi-men-scope-4