SYARAT & KETENTUAN

Terima kasih Anda telah mengunduh Aplikasi KASKU dan melakukan registrasi Akun. Dengan menggunakan Aplikasi KASKU, Anda mempercayakan uang dan informasi yang Anda miliki kepada PT SOMA Karya Gemilang. Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda. Untuk itu, Kami perlu Anda membaca, memahami dan menyetujui langkah-langkah yang Kami terapkan untuk menjaga kepercayaan Anda, yang Kami jabarkan dalam Syarat dan Ketentuan dibawah ini.

1.

Definisi

a.

KASKU adalah layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT SOMA Karya Gemilang (kasku.id) dan memenuhi unsur sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan Bank Indonesia NOMOR 20/6/PBI/2018;

b.

Aplikasi KASKU adalah aplikasi yang Anda unduh (download) melalui perangkat Android dan/atau iOS sehingga Anda masuk pada halaman Syarat dan Ketentuan ini, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau tanda KASKU;

c.

Akun adalah identifikasi khusus yang dibuat di Aplikasi Kasku berdasarkan permintaan pendaftaran Anda.

d.

Saldo KASKU adalah nilai uang elektronik milik Akun yang tercatat pada server KASKU;

e.

Data adalah setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk pada saat Anda mengunduh (download) Aplikasi KASKU) Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Aplikasi KASKU ini.

f.

Kami adalah PT SOMA Karya Gemilang;

g.

Layanan adalah setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi KASKU;

h.

Layanan Pelanggan (Helpdesk KASKU) adalah fungsi customer service center untuk Pengguna Kasku yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon, chat dan/atau email.

i.

Pengguna KASKU adalah pengguna Aplikasi;

j.

Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu;

k.

Transaksi adalah segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi KASKU menggunakan Akun, termasuk penggunaan Layanan atau fitur – fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi KASKU.

2. Lingkup

Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh Pengguna KASKU yang mengakses dan/atau menggunakan salah satu atau beberapa atau seluruh layanan yang tersedia di Aplikasi KASKU, dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada Kami atau kepada Mitra Platform Resmi terkait dengan setiap, beberapa, atau seluruh layanan KASKU.

3. Registrasi Akun

a.

Anda perlu untuk melakukan registrasi di Aplikasi KASKU dengan menyampaikan informasi yang benar, tepat dan terbaru dari data diri Anda.

b.

Anda perlu memahami bahwa detil informasi log-in Anda adalah rahasia dan karenanya Anda tidak akan mengungkapkan detil informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun, termasuk password rahasia berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon terdaftar Anda setiap ada permintaan ganti password yang menggunakan Akun Anda. Kami atau petugas Kami tidak akan pernah menanyakan password dan/atau kode verifikasi rahasia (OTP) Anda dengan cara apapun. Anda setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan itu.

c.

Anda akan diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara elektronik atau langsung ke kantor Kami atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan layanan tertentu yang disediakan bagi Pengguna KASKU terverifikasi atau sebagaimana diperlukan.

d.

Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai calon pengguna KASKU terverifikasi.

e.

Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Kami sewaktu-waktu dapat menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status penggunaan Anda menjadi pengguna KASKU tidak terverifikasi (jika sebelumnya Anda telah menjadi pengguna KASKU terverifikasi) apabila terdapat keraguan atas kebenaran dan/atau ke-sah-an serta ketidaklengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan.

f.

Untuk menghindari penyalahgunaan Akun KASKU Anda, Kami dapat menghentikan Layanan KASKU jika dokumen atau informasi yang Kami minta tidak lengkap, tidak akurat dan/atau tidak sah.

g.

Registrasi Akun KASKU hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menjamin bahwa registrasi Akun KASKU Anda ditujukan untuk kepentingan Anda sendiri, bukan kepentingan pihak manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Kami berhak menolak registasi Akun KASKU yang Anda lakukan untuk kepentingan pihak selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.

h.

Setiap data yang dikirimkan Anda kepada Kami untuk pendaftaran Akun adalah data Anda sendiri. Setiap permintaan dari setiap Akun akan dianggap sebagai permintaan yang sah dari Akun tersebut.

4.

Informasi Pribadi

a.

Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, termasuk melalui Aplikasi KASKU dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan Kami kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi Anda, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam Aplikasi KASKU (http://www.kasku.id/pnp/) (“Kebijakan Privasi Kami”).

b.

Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di Akun Kasku Anda selalu aktual, Anda perlu untuk segera menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi data pribadi yang telah Anda sampaikan sebelumnya beserta bukti pendukungnya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat surat elektronik, nomor telepon seluler yang Anda daftarkan pada saat pembukaan Akun KASKU Anda dan/atau dokumen lainnya yang Anda sampaikan dalam proses pengajuan sebagai pengguna KASKU terverifikasi.

c.

Penyampaian dokumen atau informasi kepada Kami, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen atau informasi saat registrasi atau informasi saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan, merupakan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang Anda sampaikan, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

d.

Kami berhak untuk meminta informasi tambahan dari Anda, selain dari apa yang dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini, untuk memungkinkan Kami mematuhi kewajiban kami terhadap anti-pencucian uang. Anda setuju untuk mematuhi setiap permintaan Kami dalam bentuk apapun sesuai kebijaksanaan Kami, atas biaya Anda sendiri, untuk informasi lebih lanjut karena Kami dengan secara wajar wajib mematuhi kewajiban kami terhadap anti-pencucian uang. Tanpa mengabaikan Pasal 14 dari Syarat dan Ketentuan ini, setiap informasi tambahan yang diberikan oleh Anda atas permintaan Kami akan dianggap sebagai informasi yang sepenuhnya disediakan oleh Anda dan Kami tidak bertanggung jawab untuk memverifikasi keakuratannya.

e.

Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi Kami.

5. Persetujuan

a.

Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menggunakan Aplikasi Kasku dan bahwa Anda berusia minimal 21 tahun atau telah menikah dan tidak sedang berada dalam pengampuan.

b.

Jika Anda tidak memenuhi syarat tersebut, Anda menyatakan dan menjamin bahwa pembukaan akun Anda dan aktivitas lain yang Anda lakukan menggunakan Aplikasi KASKU telah disetujui oleh orang tua atau pengampu Anda.

6. 

Pengisian (Top Up), Penarikan (Withdraw), dan Transfer

a.

Pengisian (Top-up) Saldo KASKU dapat Anda lakukan melalui kanal-kanal yang Kami sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu yang dapat berbeda untuk setiap kanal tergantung pada kebijakan pihak ketiga terkait.

b.

Anda memahami bahwa Top-up Saldo Kasku yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu, namun demikian Kami tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut.

c.

Jika pihak ketiga mengijinkan fitur debit langsung (direct debit) dan/atau top up otomatis (auto top-up) dari sumber dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa registrasi atas fitur tersebut akan Anda lakukan langsung dengan pihak ketiga terkait. Tanggung jawab Kami terbatas pada meneruskan instruksi yang Anda berikan kepada Kami untuk melakukan aktivitas direct debit dan/atau auto top-up tersebut kepada pihak ketiga terkait. Keluhan yang timbul terkait registrasi fitur direct debit dan/atau auto top-up dan autentikasi instruksi di sistem pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab Kami.

d.

Anda memahami bahwa dalam hal fitur direct debit) dan/atau auto top-up disediakan oleh pihak ketiga di KASKU, maka informasi fitur direct debit dan/atau auto top-up dapat melekat dengan akun KASKU Anda. Dalam hal demikian, maka risiko yang mungkin timbul terhadap akun KASKU Anda dapat mempengaruhi fitur direct debit dan/atau auto top-up Segala risiko yang muncul akibat dari kesalahan Anda, kelalaian Anda dan/atau faktor-faktor lain yang tidak ditimbulkan oleh kesalahan Kami, tidak akan menjadi tanggung jawab Kami.

e.

Penarikan (withdraw) atau transfer saldo Akun KASKU hanya dapat Anda lakukan sebagai pengguna terverifikasi maksimal senilai saldo akun GoPay Anda pada saat akan melakukan penarikan (withdraw) atau transfer, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku tersebut dari waktu ke waktu.

f.

Kami dapat menetapkan nilai minimal penarikan (withdraw) yang dapat Anda otorisasi untuk setiap penarikan (withdraw). Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal penarikan (withdraw) yang berlaku.

g.

Penarikan (withdraw) saldo Akun KASKU hanya dapat dilakukan jika Akun KASKU Anda telah terverifikasi dan penarikan (withdraw) hanya boleh dilakukan dalam penarikan tunai ke rekening tabungan di suatu bank, atas nama Anda. Penarikan (withdraw) tidak ditujukan untuk penarikan ke akun virtual dan/atau akun selain rekening tabungan di bank dimana nama Anda adalah sebagai penerima manfaat daripadanya. Penarikan (withdraw) yang Anda lakukan ke akun selain rekening tabungan di bank, atas nama Anda sebagai penerima manfaat, adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda.

h.

Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul terkait dengan pengisian (top-up) dan/atau penarikan (withdraw) karena kegagalan sistem pihak ketiga lainnya tidak akan menjadi tanggung jawab Kami. Namun, jika kami menerima keluhan dari Anda tentang masalah tersebut, maka kami dapat, berdasarkan kebijaksanaan kami, meneruskan keluhan Anda kepada pihak ketiga terkait untuk tindak lanjutnya.

i.

Saldo KASKU Anda hanya akan kami gunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan pedagang (merchant). Saldo KASKU Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang bukan merupakan kewajiban kami kepada Anda dan pedagang (merchant).

7.

Batasan Saldo dan Transaksi

a.

Jumlah Saldo KASKU Anda dibatasi sebesar: (a) Rp. 2.000.000,- (dua juta Rupiah) jika Akun Anda adalah jenis tidak terverifikasi (KASKU Basic) ; atau (b) Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah) jika akun Anda adalah jenis terverifikasi (KASKU Premium); atau (c) jumlah lain yang lebih kecil sebagaimana Kami tentukan.

b.

Transaksi bulanan Akun Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender. Yang termasuk transaksi yang bersifat incoming antara lain setoran awal, transfer dana masuk, dan/atau Pengisian Uang (top-up).

c.

Jika saldo atau transaksi bulanan Akun KASKU Anda melewati batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.

d.

Kami perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo Akun KASKU Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada rekening bank (seperti bunga, dsb).

8.

Penggunaan

a.

KASKU dapat digunakan untuk layanan yang tersedia baik di Aplikasi KASKU maupun layanan lain di luar Aplikasi KASKU, sebagaimana Kami informasikan.

b.

Transaksi menggunakan KASKU dapat dilakukan dengan pelaku usaha yang merupakan pihak ketiga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Kami dan/atau perusahaan terafiliasi dengan Kami.

c.

Saldo KASKU Anda dapat digunakan atau ditransaksikan seluruhnya sampai bersaldo nihil sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

d.

Pelaku usaha yang merupakan pihak ketiga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Kami yang dapat menerima pembayaran menggunakan KASKU dilarang mengenakan biaya tambahan (surcharge) kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi pembelian / pembelanjaan menggunakan KASKU. Jika Anda menemukan pelaku usaha yang mengenakan biaya tambahan (surcharge) kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi pembelanjaan menggunakan KASKU, silahkan hubungi kami di helpdesk@somateco.co

e.

Cara penggunaan dan/atau metode pembayaran dapat berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan. Informasi tersebut akan Kami sampaikan terlebih dahulu kepada Pengguna melalui cara – cara yang akan Kami tetapkan.

f.

Saldo KASKU Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama Saldo KASKU Anda mencukupi. Jika Saldo KASKU Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda atau jika layanan Kami sudah menyediakan pembayaran dengan kanal pembayaran yang lain, maka Anda dapat memilih salah satu kanal pembayaran yang Kami sediakan.

g.

Transaksi yang telah Anda konfirmasi dan Kami proses, tidak dapat dibatalkan. Bermakna Anda telah setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang telah kami tentukan dan pembatalan hanya dapat dilakukan apabila terbukti kesalahan ada di Pihak Kami.

h.

Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh pihak ketiga wajib Anda sampaikan langsung kepada pihak ketiga terkait.

i.

Perlu Anda mengerti bahwa penggunaan Akun KASKU Anda dan/atau layanan KASKU merupakan tanggung jawab pribadi Anda. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN KASKU Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui Akun KASKU Anda akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda atau berdasarkan perintah / persetujuan Anda dan oleh karenanya adalah perintah transaksi Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Akun KASKU Anda dan/atau layanan KASKU yang dilakukan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

9. 

Pengamanan Akun

a.

Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan Akun KASKU Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam urut angka sebagai kode Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi Akun KASKU Anda.

b.

Kode PIN Anda akan diperlukan untuk pembayaran dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.

c.

Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari akun Anda akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah.

d.

Untuk mengatur ulang Nomor Identifikasi Pribadi (PIN), Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP), yang dikirim melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) ke nomor telepon Anda yang terdaftar pada Aplikasi KASKU. Kami dan Staf Kami tidak pernah menanyakan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini. Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini kepada pihak ketiga mana pun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut.

10. Pemblokiran Akun

a.

Atas permintaan Anda, Kami akan memblokir Akun KASKU Anda dan penggunaan layanan KASKU dengan Akun KASKU Anda. Selain itu, jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami atau Anda, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, kami menyediakan jalur pengajuan keluhan bagi Anda sesuai ketentuan butir 10.c di bawah.

b.

Pemblokiran akun dapat terjadi termasuk, namun tidak terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:

i.

Laporan Anda bahwa telepon selular Anda hilang atau dicuri atau diretas;

ii.

Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau aparat penegak hukum berdasarkan perintah pengadilan;

iii.

Akun KASKU tidak digunakan untuk jangka waktu minimum selama 6 bulan berturut-turut;

iv.

Penggunaan Akun KASKU dan/atau layanan KASKU Anda dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, ketentuan penggunaan Aplikasi KASKU, Syarat dan Ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain di Aplikasi KASKU, Kebijakan Privasi KASKU dan setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

v.

Alasan lain yang merugikan Anda atau Kami, termasuk tindakan kasar dan penipuan atau ketika sistem Kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.

c.

Jika Akun KASKU Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda, kami dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran Akun KASKU Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.

11. Penutupan Akun

a.

Akun KASKU Anda dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:

i.

Permintaan oleh Anda;

ii.

Kebijakan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

iii.

Force Majeur terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau

iv.

Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.

b.

Kami akan mengembalikan Saldo KASKU Anda melalui metode yang disepakati bersama antara para pihak, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Saldo KASKU Anda, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau dihasilkan dari penipuan dan/atau tindak pelanggaran hukum.

c.

Akun KASKU Anda akan diakhiri secara otomatis atau ditutup ketika Anda menutup Akun KASKU Anda.

12. Penolakan Transaksi

Kami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika Anda melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

13. Biaya

Dalam penggunaan Akun KASKU dan/atau layanan KASKU, Anda dapat dikenakan biaya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pengisian (top-up), penarikan (withdrawal), transfer dan/atau biaya transaksi yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga, yang dapat ditetapkan oleh kami dan/atau pihak ketiga tersebut, atau biaya atas pengaktifan kembali Akun KASKU yang telah dinonaktifkan.

14. 

Tanggung Jawab dan Kewajiban Anda

Sebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang diatur dalam bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda bertanggung jawab atas

a.

Keamanan telepon seluler Anda yang digunakan untuk mengakses Akun KASKU termasuk secara wajar menjaga dan menyediakan memori penyimpanan yang cukup untuk mencegah setiap kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan KASKU yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler Anda;

b.

Keamanan dan validitas nomor telepon seluler yang Anda daftarkan untuk mengakses Akun KASKU, karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang timbul jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain, menjadi tidak aktif berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi dormant;

c.

Kerahasiaan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) yang dikirim kepada Anda dan/atau Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) yang ditetapkan oleh Anda;

d.

Setiap transaksi yang Anda lakukan, Anda wajib berhati-hati ketika menggunakan Akun KASKU dan/atau layanan KASKU, termasuk namun tidak terbatas pada ketika memilih menu transaksi, tujuan pembayaran, memasukkan nilai pembayaran dan lain sebagainya. Anda akan memastikan bahwa Anda hanya akan mengikuti instruksi transaksi yang diterbitkan oleh KASKU sesuai transaksi yang Anda setujui; dan

e.

Setiap kerugian, klaim, tuntutan dan/atau biaya yang timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena kesalahan Anda dalam menggunakan Akun KASKU, layanan KASKU, fitur KASKU dan/atau Aplikasi KASKU, termasuk namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam bertindak, kecerobohan atau penyalahgunaan Akun KASKU dan/atau layanan KASKU oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun KASKU Anda.

15. 

Tanggung Jawab Kami

a.

Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung dan immateril, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami.

b.

Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan Anda atau pihak ketiga selain Kami, termasuk pelaku usaha dan mitra yang menyediakan kanal pengisian (top-up) dan penarikan (withdraw).

c.

Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena kegagalan sistem dari pihak ketiga, legalitas barang dan/atau layanan yang disediakan pihak ketiga, juga keselamatan dan keamanan transaksi Anda yang terjadi di sistem pihak ketiga.

d.

Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan Akun KASKU Anda, yang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Dalam setiap hal apapun, maksimal tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah Saldo KASKU terakhir Anda yang ada di sistem Kami atau Rp. 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), mana yang lebih rendah.

16. 

Ganti Rugi

Dengan mendaftar dan menggunakan Akun KASKU dan layanan KASKU, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:

a.

Pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik direferensikan atau tidak di dalam Syarat dan Ketentuan ini;

b.

Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan KASKU dan/atau layanan KASKU;

c.

Setiap penggunaan atau penyalahgunaan KASKU dan/atau layanan KASKU oleh Anda atau pihak lain menggunakan Akun KASKU Anda;

d.

Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik disengaja maupun berupa kelalaian; atau

e.

Pemblokiran Akun KASKU Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku terlepas dari penutupan Akun KASKU Anda.

17. 

Permasalahan dan Keluhan

a.

Kami melakukan usaha terbaik untuk menjaga keamanan sistem, termasuk sistem pencatatan transaksi Anda secara elektronik di server Kami. Data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang final dan mengikat Kami dan Anda.

b.

Kami memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Anda atas Akun KASKU dan/atau layanan KASKU. Meskipun demikian, Kami hendak menekankan kepada Anda bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko atas informasi Anda dan penggunaan Akun KASKU dan/atau Layanan KASKU. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda setuju untuk melepaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan adanya virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari gangguan sistem yang diakibatkan oleh pihak selain kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika Anda mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.

c.

Anda setuju untuk tidak merusak, mengubah atau memodifikasi Akun KASKU Anda atau mencoba merusak, mengubah atau memodifikasinya dengan cara apapun.

d.

Kami berhak untuk melarang Anda menggunakan layanan KASKU dalam Aplikasi KASKU jika Anda menggunakan dengan perangkat yang tidak memadai atau perangkat yang tidak terotorisasi atau untuk tujuan lain sebagaimana layanan KASKU dimaksudkan untuk digunakan.

e.

Kami perlu Anda memahami bahwa dalam hal pengisian (top-up), penarikan (withdraw) dan/atau transfer melalui pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada bank tertentu, terdapat kemungkinan kegagalan sistem dari pihak ketiga tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas masalah ini.

f.

Jika telepon seluler Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, mohon segera memberitahu Kami melalui akun surat elektronik yang terdaftar di Akun KASKU Anda atau melalui telepon ke Helpdesk KASKU. Jika terjadi transaksi setelah telepon seluler Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan cara demikian, maka pembayaran yang terjadi dianggap sah.

g.

Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun terkait fitur KASKU, Anda dapat menyampaikannya melalui surat elektronik ke alamat helpdesk@somatech.co atau telepon ke (021) 29026493.

h.

Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang tertera pada sistem Kami.

i.

Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.

17.1 Koreksi

a.

Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo KASKU Anda. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali Anda menutup akun Anda.

b.

Dalam hal menurut catatan Kami terjadi kesalahan dalam transaksi, maka Kami dapat melakukan koreksi terhadap saldo KASKU Anda. Kami tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo KAS
KU Anda tanpa bukti atau dasar yang kuat adanya kesalahan dalam transaksi. Anda dapat menyampaikan permintaan koreksi kepada Kami melalui jalur yang Kami sediakan. Kami akan mengambil langkah – langkah yang diperlukan dan memutuskan kasus per kasus.

18. 

Force Majeure (Keadaan Kahar)

Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Force Majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui Akun KASKU baik sebagian maupun seluruhnya karena Force Majeure.

19. 

Hak Kekayaan Intelektual

KASKU, termasuk nama dan logonya, kode design, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek dan hak atas kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari kami, jika berlaku) memliki seluruh hak dan kepentingan atas KASKU, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak dan dengan cara apapun tidak akan dianggap sebagai pemberian izin kepada anda untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual kami sebagaimana disebutkan di atas. Anda tidak diperkenankan :

a.

Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi sistem KASKU (termasuk fitur-fitur layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

b.

Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan, atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan/atau perangkat lunak dengan cara lain.

c.

Menciptakan “link” internet atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet

d.

Merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak kami untuk :

i.

Membangun produk atau layanan tandingan

ii.

Membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafis.

e.

Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja aplikasi,

f.

Menggunakan robot, spider, pencarian, situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya.

g.

Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang akan melisensikan haknya kepada Kami,

h.

Menghapus setiap hak cipta merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkadang dalam sistem KASKU.

20. 

Tidak Ada Pengesampingan

Pengesampingan Kami atau ditundanya atau kegagalan Kami untuk melakukan klaim atas pelanggaran ketentuan manapun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak yang disediakan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

21. 

Bahasa

Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi inkonsistensi antara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia, versi Bahasa Indonesia yang berlaku.

22. 

Pengalihan

Anda menjamin bahwa penggunaan Akun KASKU hanya digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai pemegang akun sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat (Beneficial Owner) Akun Anda selain Anda, maka Anda wajib melaporkan kepada Kami melalui helpdesk@somatech.co. Jika tidak ada pelaporan dari Anda mengenai pihak lain sebagai penerima manfaat atau Beneficial Owner maka Anda memberikan jaminan bahwa Anda adalah satu – satunya penerima manfaat atau Beneficial Owner dari Akun Anda.

Meskipun saldo KASKU Anda dapat ditransfer kepada pihak lain, Akun KASKU Anda tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga lain manapun berdasarkan kewenangan Kami sepenuhnya.

23. 

Keterpisahan

Jika ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini dinyatakan ditentukan sebagai ketentuan yang tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, secara seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip hukum manapun, bahwa ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini namun demikian legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.

24. 

Hukum yang Mengatur

Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan layanan Kami akan tunduk pada yurisdiksi eksklusif di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

25. 

Perubahan

Syarat dan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam Akun KASKU, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda.

Dalam hal terjadi perubahan fee yang tidak diterbitkan secara langsung oleh KASKU, maka perubahan fee yang dimaksud merupakan tanggung jawab pihak ketiga yang melakukan kerja sama dan / atau berafiliasi dengan KASKU.

Penggunaan Anda secara berkelanjutan atas KASKU setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut. Jika Anda ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan KASKU dan/atau layanan Kami.

Penggunaan Anda atas Akun KASKU dan/atau layanan KASKU menandakan persetujuan Anda untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan ini; (ii) syarat dan ketentuan umum penggunaan Aplikasi KASKU; (iii) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam Aplikasi KASKU; (iv) Kebijakan Privasi; dan (v) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku